Tips Merawat Motor Injeksi dengan Mudah

Tips Merawat Motor Injeksi dengan Mudah

Memiliki mesin injeksi sangat menguntungkan. Karena sepeda motor yang diinjeksi lebih hemat bahan bakar dibandingkan mesin tanpa injeksi. Jadi, meski harganya lebih mahal, kami tetap lebih suka membelinya.

Namun tahukah anda jika ada masalah dengan biaya perawatan mesin yang lebih mahal? Pasalnya, sebagian besar komponen mesin injeksi sulit diperbaiki.

Kalaupun diperbaiki, daya tahannya tidak akan bertahan lama. Jadi kita harus menggantinya juga. Karena itu, kita harus merawatnya dengan baik.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan mengungkap rahasia perawatan injektor termudah bagi kita. Jadi bacalah perlahan, oke?

Pilih bahan bakar yang bagus

Ada banyak jenis bahan bakar yang bisa kita gunakan. Di setiap titik penjualan bahan bakar, kami menerima berbagai jenis bahan bakar. Tapi yang perlu kita pilih adalah bahan bakar oktan tinggi.

Karena bahan bakar oktan tinggi akan membuat pembakaran lebih sempurna. Selain itu, bahan bakar dengan oktan tinggi akan mampu membersihkan kotoran di ruang bakar.

Bahan bakar yang direkomendasikan untuk digunakan adalah bahan bakar dengan oktan lebih dari 90. Bahan bakar di bawahnya biasanya menyisakan kotoran yang dapat menimbulkan kerak, sehingga mesin lebih mudah rusak.

Menjaga kondisi baterai

Selain itu, kami juga harus menjaga performa baterai. Apalagi jika menggunakan sepeda motor matik. Karena akan sangat bermasalah jika baterai habis. Cara menghidupkan mesin matic sepeda motor selain dengan double starter adalah dengan menekan engkol.

Ini akan sangat bermasalah jika kita tidak terbiasa. Padahal, itu akan memakan waktu lebih lama. Jadi, Anda tidak ingin masalah dengan double start, jadi kami harus sering memeriksanya.

Jika menggunakan aki basah, kami harus memeriksa air aki. Pastikan air aki disuplai sesuai dengan batas yang disarankan. Namun sebagian besar sepeda motor injeksi kini menggunakan aki kering, jadi kita tidak perlu khawatir.

Namun yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana cara menggunakannya. Jangan pernah membiarkan kunci kontak menyala dalam waktu lama saat mesin tidak bekerja.

Atau nyalakan lampu yang dikirim tanpa menghidupkan mesin. Karena kebiasaan ini bisa membuat aki lebih pendek dan rusak. Jika baterai tidak berfungsi normal, kita harus segera menggantinya dengan yang baru.

Ganti oli secara teratur

Oli adalah bagian penting dari mesin. Karena oli memiliki banyak manfaat untuk mesin. Bukan hanya sebagai pelumas, oli juga bisa menjadi pendingin mesin yang sangat bertenaga.

Oleh karena itu, kita tidak boleh menyepelekan penggantian oli secara rutin. Ini biasanya diremehkan oleh sebagian besar pengemudi. Idealnya, setiap 1000 km, kita didorong untuk mengganti oli.

Karena oli sudah digunakan untuk jarak yang jauh maka viskositas dan daya rekatnya akan sangat berkurang, sehingga perannya dalam merawat mesin juga akan berkurang.

Tapi kalau kita tidak sempat menggantinya dalam 1000 km, batas jarak maksimalnya 2000 km. Bahkan setelah menempuh jarak yang jauh, kita harus segera menggantinya, walaupun jarak minimumnya belum kita tempuh.

Periksa ECU

ECU (electronic control unit) adalah otak dari sistem operasi mesin injeksi. Semua kinerja injektor diatur oleh alat ini. Jadi, jangan sampai alat ini bermasalah.

Jika alat ini bermasalah maka injektor akan bermasalah. Jika injektor bermasalah, pembakaran juga akan bermasalah. Ini adalah merek dagang dari sepeda motor injeksi. Jika satu komponen bermasalah, komponen lainnya juga akan terpengaruh.

Oleh karena itu, kami wajib memelihara ECU. Jika kita tidak bisa melakukan ini sendirian, lebih baik kita serahkan pada mekanik. Jadi, ada baiknya memiliki tanda tangan mekanis setiap bulan.

Pertahankan kinerja busi

Kita pasti sudah tahu bahwa mesin bisa menyala karena pembakaran sempurna. Nah, sumber pembakarannya adalah busi. Komponen inilah yang bertugas menyalurkan api ke ruang bakar.

Tanpa alat kecil ini, kendaraan kita tidak akan ada artinya. Oleh karena itu, kita perlu sering-sering melakukan pengecekan. Jika ada kotoran sebaiknya segera kita bersihkan.

Jika peregangan tidak stabil, kita harus segera menggantinya dengan yang baru. Ini untuk mengantisipasi aksi mogok. Karena tidak menutup kemungkinan sepeda motor akan mati di tengah jalan akibat layar yang tidak dapat memberikan api yang sempurna.

Periksa bahan bakar di tangki

Bahan bakar merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kendaraan. Karena tanpa bahan bakar, kendaraan hanya akan jadi rongsokan. Jika bahan bakar habis saat mengemudi, injektor akan rusak.

Oleh karena itu, jangan pernah membiarkan tangki bahan bakar kosong. Selain itu, kita juga harus memastikan tangki bahan bakar benar-benar bersih dari kotoran. Karena jika kotoran masuk ke injektor, pembakaran akan terganggu.

Alhasil, performa mesin juga tidak stabil. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan tangki bahan bakar selalu bersih dan tetap penuh. Untuk mengetahui isinya, kita bisa mencari tahu pada jarum bahan bakar yang ada di spidometer.

Lakukan perawatan berkala

Cara ini juga sangat penting untuk menjaga performa mesin yang baik. Kami didorong untuk melakukan layanan setiap 3.000 km. Namun, jika kita jarang bepergian jauh, kita harus melakukan pekerjaan itu setiap tiga bulan.

Ini untuk mengetahui komponen mana yang perlu dibersihkan. Tidak mungkin, dalam jarak sejauh itu, untuk memastikan bahwa mesin tidak akan terkena kotoran.

Selain itu, service juga sangat penting untuk mengetahui komponen mana saja yang perlu diganti. Karena bila terjadi kerusakan pada salah satu komponen dan dibiarkan akan merusak komponen lainnya.

Inilah kelemahan dari sepeda motor injeksi. Ada ungkapan bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu, kita harus menjaganya agar tetap bisa digunakan pada saat dibutuhkan.

Demikian beberapa tips yang sangat mudah dilakukan agar performa mesin injeksi kami tetap terjaga. Sepeda injeksi lebih ekonomis, tetapi jika kita tidak bisa menyimpannya, kita akan kehilangan banyak uang.

Karena setiap komponen tidak murah. Kalaupun kita meninggalkan komponen yang rusak, kemungkinan besar kita harus mengganti banyak komponen. Begitu mencintai sepeda motor injeksi yang kita miliki seolah-olah kita mencintai diri sendiri.

Karena dengan motor injeksi ini kita bisa mengerjakan tugas sehari-hari dengan lebih mudah. Nah tambahan informasi buat kalian yang mencari informasi seputar mobil bekas, kalian bisa cek informasinya di link ini https://www.arieframadhan.com/seva-pusat-mobil-murah/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *