Air Conditioner: Dasar-dasar Penyejuk Udara

 

Suhu di musim panas bisa naik, membuat hidup tidak nyaman. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk menurunkan suhu ruangan ke tingkat yang dapat ditahan. Anda tidak memiliki kendali apa pun atas suhu eksternal. Dengan demikian, satu-satunya pilihan yang tersedia bagi Anda adalah mengatur suhu internal ruangan dan bangunan. Ini adalah konsep AC.

AC:

service ac pekanbaru – Dengan kata sederhana, ini adalah proses mengubah suhu dan kelembapan udara ke kondisi yang lebih nyaman dengan tujuan mendistribusikan udara ini ke dalam gedung atau ruangan. Bahkan, Anda bisa menyalurkan udara sejuk ini ke area tertutup mana pun termasuk kendaraan. Perangkat yang digunakan untuk tujuan tersebut adalah AC.

Fungsi AC:

Fungsi utama alat ini adalah untuk mengatur suhu udara. Jika bagian luarnya dingin, perangkat harus memanaskan ruangan hingga suhu yang nyaman. Dengan cara yang sama, jika di luar panas, instrumen melakukan tugas mendinginkan interior hingga tingkat yang nyaman. Namun, dalam bahasa umum, kami menggunakan kata air conditioner sebagai alat untuk mendinginkan suhu saja. Dalam pengertian umum, pengkondisian udara meliputi pemanasan, pendinginan, ventilasi, dan pembersihan udara.

Cara kerja AC:

Anda dapat melakukan pendinginan dengan berbagai cara. Salah satu metode umum adalah melalui siklus pendinginan. Metode umum lainnya adalah melalui penguapan. Alat rumah tangga biasa menggunakan metode penguapan dan kondensasi. Ada dua jenis perangkat rumah tangga yang umum digunakan. Salah satunya adalah AC jendela dan yang lainnya adalah AC split. Kedua perangkat ini bekerja dengan cara yang sama menggunakan prinsip penguapan dan kondensasi.

Unit rumah tangga:

Anda biasanya melihat pemasangan unit jendela di jendela yang terbuka. Kipas yang bertiup di atas evaporator mendinginkan udara interior. Di sisi luar, kipas lain bertiup di atas kondensor untuk membuang udara panas ke atmosfer. Sistem ini memanfaatkan cairan atau gas pendingin yang dapat mendinginkan udara melalui penguapan. Dalam unit terpisah, Anda membagi perangkat menjadi dua sub-perangkat terpisah. ‘Kompresor’ dan ‘perangkat penukar panas’ bisa saling berjauhan.

Selang fleksibel menghubungkan dua perangkat split. Sistem ini membuat lebih sedikit kebisingan dibandingkan dengan AC jendela dan karenanya sedikit lebih mahal. Saat ini, orang lebih memilih variasi split daripada variasi jendela. Namun, keduanya memiliki kegunaan masing-masing. Jenis sistem pendingin udara ketiga yang populer saat ini adalah sistem pendingin udara terpusat. Anda bisa mendinginkan seluruh bangunan dengan cara ini. Keuntungan dari sistem ini adalah memungkinkan untuk “kemampuan kontrol suhu banyak sedang.” Satu lagi jenis sistem ini yang kehadirannya dirasakan belakangan ini adalah sistem portabel. Seperti namanya, Anda dapat membawa unit ini ke mana pun Anda pergi.

Kesimpulan:

Kami telah melihat definisi dasar dari AC dan berbagai jenis AC rumah tangga yang umum digunakan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *