Kandungan Cangkang Sawit

Kandungan Cangkang Sawit

Kandungan cangkang sawit mungkin cukup berbeda dengan kandungan pada cangkang buah lainnya. Namun kandungan yang berbeda inilah yang membuat cangkang sawit begitu banyak manfaat. Dengan adanya kandungan yang bermanfaat pada cangkang sawit inilah maka Anda bisa menggunakannya sebagai sumber bioenergi atau bahan bakar. Pemanfaatan cangkang sawit sebagai bahan bakar ini rupanya bisa memberikan hasil yang maksimal. Jadi Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan cangkang atau tempurung sawit ini. Sebab tempurung sawit pada dasarnya memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Spesifikasi Kandungan Cangkang Sawit

Adapun bagi yang belum pernah mengetahuinya, berikut ini spesifikasi dari kandungan cangkang sawit pada umumnya.

Kalori

Kandungan kalori pada tempurung sawit tergolong cukup tinggi yaitu 4200 kal per kg. Kandungan kalori yang ada pada cangkang atau tempurung sawit inilah yang membuatnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Ditambah lagi panas yang dihasilkan tergolong tinggi dan tahan lama. Keunggulan inilah yang menyebabkan cangkang sawit seringkali dijadikan sebagai energi alternatif. Terutama untuk membantu proses produksi di sebuah industri.

Kadar air

Cangkang sawit juga memiliki kandungan selain kalori yaitu air. Kadar air yang terdapat pada cangkang sawit sebesar 8-11% sehingga kelembabannya bisa dibilang tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu cangkang sawit bisa digunakan sebagai bahan bakar karena kurangnya intensitas kadar air di dalamnya sehingga cangkang sawit menjadi lebih mudah terbakar. Kurangnya kadar air pada cangkang sawit ini juga akhirnya membuatnya menjadi lebih tahan lama.

Kadar abu

Kadar abu atau ash content pada cangkang sawit sekitar 2-3%. Maka cangkang sawit ini dinilai bersifat ramah lingkungan. Sebab kadar abu yang tergolong sedikit di dalam cangkang sawit menjadikannya tidak menimbulkan pencemaran udara. Dengan kata lain penggunaan cangkang sawit sebagai bahan bakar bisa membantu mengurangi polusi. Itulah mengapa banyak orang yang suka menggunakan cangkang sawit sebagai energi alternatif.

Kadar penguapan

Pada cangkang sawit diketahui bahwa kadar penguapannya cukup tinggi yaitu sekitar 69-70%. Kondisi ini juga menyebabkan cangkang sawit menjadi sumber energi yang bersifat ramah lingkungan karena rendah sulphur. Kadar penguapan yang tinggi juga menyebabkan cangkang sawit menjadi lebih mudah terbakar sehingga dapat menimbulkan panas dengan kualitas terbaik.

Karbon aktif

Pada cangkang sawit setidaknya terkandung karbon aktif dengan kadar 20-22%. Jadi tempurung sawit cukup dapat menyerap karbondioksida dengan baik. Oleh karena itu Anda juga bisa menggunakan cangkang sawit untuk dijadikan arang. Sebab karbon aktif sendiri pada dasarnya terbuat dari arang batok kelapa yang dibakar. Dengan adanya intensitas suhu yang tergolong tinggi maka Anda bisa menemukan karbon aktif pada arang sebagai hasil pembakaran. Karbon aktif ini bisa membuat cangkang sawit dijadikan sebagai arang dan penjernih air serta kebutuhan lainnya.

Supplier Cangkang Sawit

Kandungan cangkang sawit seperti yang telah dibahas tentunya membuat cangkang sawit atau Palm Kernel Shell banyak diburu orang. Berbagai manfaat rupanya bisa diperoleh karena adanya kandungan pada cangkang sawit atau palm Kernel Shell. Maka tak heran bila permintaan akan palm Kernel Shell semakin bertambah banyak mulai dari masyarakat lokal hingga mancanegara. Hal ini tentunya memicu perkembangan jumlah suplier cangkang sawit di Indonesia sehingga kegiatan distribusi cangkang sawit berjalan semakin lancar. Palm Kernel Shell Suppliers menyediakan berbagai cangkang sawit dengan pembelian per kg atau ton dan harga bervariasi. Harga terendah tentu bisa Anda dapatkan di suplier yang ada di negara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *