Museum Sonobudoyo, Harga Tiket, Akses, Aktivitas

Museum Sonobudoyo Jogja

Museum Sonobudoyo adalah salah satu museum terlengkap di Indonesia setelah Museum Nasional yang berlokasi di Jakarta. Di dalamnya ada koleksi budaya dan seni. Awalnya, museum ini adalah yayasan yang didedikasikan untuk pelestarian budaya Madura, Jawa, Lombok dan juga Bali. Dinamakan Lembaga Jawa yang didirikan pada tahun 1919 di kota Surakarta. Tahun berikutnya, pada tahun 1924, museum Yogyakarta didirikan, yang kemudian dinamai Sonobudoyo. Awalnya, ada koleksi puluhan ribu artefak yang memiliki nilai sejarah tinggi di museum ini. Jika ditinjau dari posisi kota Jogjakarta, museum ini terletak di bagian utara kota. Tanggal pembangunan museum ini adalah 29 Juni 1985. Pada saat itu, upacara tradisional ditandai dengan menanam kepala kerbau dan meletakkan batu pertama oleh Sri Paduka Paku Alam VIII dan juga Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Ada beberapa faktor penting dalam perhitungan pembangunan museum ini, salah satunya adalah titik fokus bangunan.

Museum Sonobudoyo adalah museum publik. Ada sekitar 10 jenis koleksi museum yang masuk dalam kategori Etnografi, Filologi, Arkeologi, Numismatik dan Sejarah, Teknologi, Geologi, Seni Rupa, Biologi, Keramologi. Salah satu senjata yang dimiliki museum Sonobudoyo adalah belati. Ia mencatat sekitar 1.200 buah keris yang telah menjadi koleksi museum ini. Asalnya sangat beragam dari beberapa bagian nusantara. Keris di museum ini memiliki berbagai bentuk dan jenis. Misalnya keris Jawa dalam bentuk keris lurus, keris 7, keris 11 dan keris 13. Selain itu, jenis keris yang memiliki prestise berbeda masih tersedia.

Baca juga : Daftar Travel Pekanbaru Padang

Akses ke Museum Sonobudoyo

Dapat dikatakan bahwa akses ke museum Sonobudoyo cukup mudah karena terletak di pusat kota. Dari beberapa alamat dapat diakses dengan benar. Semua alat transportasi dapat mencapai lokasi ini. Anda dapat memilih beberapa jenis kendaraan mulai dari kendaraan pribadi, bus kota, taksi, sepeda, kereta kuda, sepeda Jogja dan bus trans. Anda juga dapat mencapai tempat ini dengan berjalan kaki dari daerah Malioboro. Lokasi Museum Sonobudoyo sendiri terbagi menjadi 2 unit. Yang pertama di Jalan.Trikora no.6 Yogyakarta dan unit kedua di Ndalem Condrokiranan Wijilan Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk ke Museum Sonobudoyo

Harga tiket masuk ke museum ini dibagi berdasarkan kelompok umur. Untuk orang dewasa, tarif tiga ribu rupee per orang, anak-anak dikenakan biaya dua ribu lima ratus rupee, untuk kelompok orang dewasa, tarif dua ribu lima ratus rupee dan anak-anak dua ribu rupee. Turis asing dikenakan biaya lima ribu rupee dan, untuk melihat pertunjukan boneka, orang-orang dikenakan biaya dua puluh ribu rupee. Jika dilihat, tarifnya cukup terjangkau dan sangat cocok untuk perjalanan kelompok.

Aktivitas di museum Sonobudoyo

Berbagai kegiatan menarik menanti Anda di dalam museum. Ada koleksi benda-benda peninggalan dari prasejarah hingga era Islam di Indonesia. Barang-barang dalam koleksi tersebut seperti teracota, kuburan batu, kapak batu, boneka, topeng, kain batik dan banyak lagi. Anda juga dapat menemukan koleksi luar biasa dalam bentuk topeng emas Puspa Sarira, yang bahannya adalah emas.

Dengan demikian, informasi tentang tujuan Monumen Sonobudoyo, yang berkisar mulai dari akses ke tempat, harga tiket masuk hingga kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Jika Anda tertarik, maka sekarang saatnya untuk bersiap. Jangan lupa ajak kerabat Anda agar mereka bisa mengenal budaya Jawa.

Sumber : https://jogjalib.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *