Saya Bisa Merasakan Gerakan Bayi Saya!

Saya Bisa Merasakan Gerakan Bayi Saya! Gerakan Perkembangan Prenatal dan Respon Orangtua

“Embrio adalah manusia yang mengekspresikan dirinya sendiri.”
Jaap Van Der Wal, MD

tanda melahirkan pembukaan 1 – “Kurasa aku bisa merasakan bayiku bergerak,” kata Whitney, mata birunya yang lebar melebar dengan antisipasi. Suaranya naik di akhir, mengubah kalimatnya menjadi sebuah pertanyaan. Dia beberapa minggu tidak dapat menjalani trimester kedua dari kehamilan keduanya yang sukses. Karena penasaran, dia mencari validasi untuk kesadarannya. Whitney lebih percaya diri dengan bayi ini daripada yang pertama, tetapi pada masalah apakah dia sebenarnya bisa mendeteksi gerakan bayinya, dia tidak yakin.

Pengiriman anak pertama Whitney dilakukan melalui operasi caesar. Pada saat itu, dan sekarang dalam retrospeksi, dia mempertanyakan prosedurnya. Itu telah membangkitkan pengalaman kehilangan yang berkepanjangan dan berulang. Dia bukannya bereaksi untuk itu.

Beberapa saat kemudian, Whitney memutuskan bahwa hanya dia yang bisa mengatasi ketidakpastiannya tentang gerakan bayinya. Ketika dia bertanya di dalam, jawabannya pasti, ya, dia bisa merasakan bayinya bergerak. Pada kehamilan pertamanya, dia akan menerima respons dokternya. Setelah melewati wilayah yang menyakitkan dari depresi pascamelahirkan yang sekarang dia kaitkan secara khusus dengan operasi caesar yang tidak perlu, Whitney menjadi jauh lebih percaya diri dengan kebijaksanaan femininnya. Dia bisa menghormati penyesuaian hormon yang diberikan padanya untuk dirinya dan anaknya. Dia waspada dengan kecenderungannya sendiri untuk berkolusi dalam suatu pemberdayaan ibu yang dilembagakan.

Ketika dia merenungkan lebih lanjut tanggapan Dr. Carlson, Whitney bertanya-tanya hubungan seperti apa yang dia miliki dengan seorang dokter yang tidak mempercayai pengalaman seorang ibu. Whitney berdialog dengan anaknya yang belum lahir. Diam-diam, tetapi dengan penuh semangat, dia berkata kepada bayinya, “Aku mengenali gerakanmu dan aku menyukainya! Maaf aku tidak lebih percaya diri sebelumnya.” Bayinya bergerak, secara halus tapi jelas, menyebar, meregangkan dengan lega di dalam rahim.

GERAKAN AWAL

“Gerakan janin dan janin yang berkembang adalah gerak jiwa.”
Erich Blechschmidt

“Pergerakan embrio dan janin adalah ekspresi dasar dari aktivitas saraf awal,” kata Jan Nijhuis, ahli embriologi dalam bukunya yang inovatif, Fetal Behavior. “Janin 8-10 minggu pasca-menstruasi bergerak secara spontan dalam rahim dalam keadaan normal.”

Gerakan prenatal pada trimester pertama, dan kemudian pola-pola gerakan yang terbentuk pada trimester kedua, adalah ekspresi dari sistem saraf bayi yang sedang berkembang. Penyebaran neurologis primer ini dipelihara dan ditingkatkan melalui kesadaran orangtua, dialog, dan sentuhan halus pada tubuh ibu yang berkomunikasi dengan bayi. Seluruh keluarga dapat berpartisipasi dalam dorongan ini. Pengetahuan tentang bagaimana melakukan ini melekat di dalam diri kita masing-masing. Itu adalah bagian dari desain manusia yang luar biasa. Pendidikan yang luar biasa sekarang tersedia untuk merangsang dan mempertahankan kearifan alami ini. Bangkit untuk, mempercayai dan bertindak atas hubungan manusiawi kita yang alami adalah sukacita menjadi orang tua.

Gerakan prenatal adalah persiapan untuk aktivitas neonatal. Ini juga pemanasan untuk maraton persalinan dan persalinan. Ini dirancang untuk menghasilkan kemenangan mendebarkan bayi masuk ke pelukan dunia yang sudah dirasakan dan dirasakan.

Pola gerakan pada prenate direplikasi pada neonatus, menunjukkan kelangsungan perilaku saraf. Janin manusia tidur, bernapas bergerak, menghilangkan, dan merasakan, melihat, menangis, memulai dan merespons. Ia sangat peka, sebagai hasil dari peningkatan kapasitas neurologis yang terus-menerus, terhadap lingkungan di sekitarnya dan perubahan-perubahannya.

Prenate mengomunikasikan pengalamannya satu-satunya cara: melalui motilitas. Gerakan mata, detak jantung, pernapasan, gerakan, dan pola eliminasi berbicara banyak tentang dunia prenatal individual. Pola-pola yang dibuat oleh ungkapan-ungkapan ini, ketika diperhatikan, menambah tekstur pada pemahaman kita tentang kualitas kehidupan prenatal. Mereka juga memberi kita wawasan pertama tentang siapa makhluk unik di dalam tubuh ibunya.

Keteraturan gerakan dapat menjadi tanda kesehatan sedangkan perlambatan atau kurangnya gerakan dapat menandakan kesulitan atau kekhawatiran. Gerakan janin tertentu dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Dengan memperhatikan gerakan atau ketidakhadiran mereka, keluarga dapat mengetahui kedatangan baru dan mulai, jauh sebelum kelahiran, untuk mengintegrasikan bayi ke dalam keluarga. Kesadaran prenatal diatur secara neurologis untuk hadir, waspada dan reseptif. Bayi yang belum lahir senang mendapat pengakuan.

Whitney memiliki pengalaman yang tak terlupakan ketika dia jatuh sakit selama trimester kedua. Virus mengerikan menghantam keluarga Whitney dengan keras. Mereka dirumah dan tidak bisa berfungsi. Gerakan bayi itu berkurang secara signifikan sampai Whitney keluar dari kesuramannya.

“Aku tahu kamu prihatin,” kata Whitney, ketika dia berbaring di tempat tidur. “Kamu sangat peduli dan kami sangat terhubung denganmu. Aku minta maaf aku terlalu lemah untuk melibatkanmu, tapi sekarang aku ingin meyakinkan kamu. Kita semua akan segera membaik. Jangan khawatir. Aku sudah khawatir sendiri dan itulah sebabnya saya lupa berbicara dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *