Goa Sriti Kulon Progo, Lokasi, Rute & Tiket Masuk 2019

Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo adalah salah satu gua di kabupaten Kulonprogo yang sangat eksotis dan sangat sayang untuk tidak dieksplorasi. Jika Anda berada di Yogyakarta, Anda harus datang ke tempat wisata ini. Penasaran dengan keindahan wisata Goa Sriti? Temukan jawabannya di bawah ini melaui paket wisata di jogja.

Harga tiket untuk Goa Sriti Kulon Progo

Ada beberapa tempat wisata di Kabupaten Kulonprogo yang banyak dikunjungi, seperti Pantai Glagah, Pantai Congot, Pantai Trisik, Waduk Sermo, Puncak Suroloyo, Gua Kiskendo, Desa Wisata Nglinggo, Kalibiru, Sermo, Siderejo dan Jatimulyo.

Ada juga wisata religius seperti Sendangsono, Pemakaman Nyi Ageng Serang, Pemakaman Girigondo, tur pendidikan seperti Pusat Penyelamatan Alam dan Dolan Deso Boro. Tur minat khusus seperti arung jeram dan olahraga memancing. Beberapa acara budaya juga sering diadakan di Kabupaten Kulonprogo, seperti Pura Labuhan Pakualaman, Saparan Jayakusuma, dll.

Tetapi bagi Anda yang menyukai rute yang menantang adrenalin, Anda harus datang ke Goa Sriti. Gua ini adalah tempat wisata yang populer di Kulonprogo. Tidak seperti gua biasa, gua ini telah menjadi peninggalan bersejarah dan budaya yang penting di daerah tersebut. Gua itu pernah digunakan oleh Pangeran Dipenogoro, yang terkenal sebagai tempat tersembunyi selama perang melawan Belanda.

Dari segi pariwisata, gua ini cocok untuk mereka yang suka fotografi, suka belajar sejarah dan menjelajah. Nah, untuk memasuki gua ini tidak perlu membayar biaya masuk. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2000. Tetapi bagi Anda yang ingin pergi ke gua Anda akan dikenakan biaya Rp. 30.000 per orang.

Baca juga : Kids Fun Jogja

Lokasi Goa Sriti Kulon Progo

Anda yang suka berpetualang harus mempertimbangkan mengunjungi Kabupaten Kulon Progo selama liburan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, daerah ini memiliki banyak tempat menarik untuk dijelajahi dan dijelajahi. Nah, salah satunya adalah Goa Sriti, yang terletak di Desa Purwoharjo, Kabupaten Samigaluh.

Gua Sriti dianggap mudah diakses, untuk mencapai objek wisata ini, Anda hanya perlu sekitar 1 jam 10 menit. Dari pusat kota, Anda dapat pergi langsung ke Kabupaten Kulon Progo dan mengambil jalan Yogyakarta – Wates.

Jarak antara Yogyakarta dan tempat-tempat wisata adalah 36,7 km. Dari Kulon Progo, Anda harus mengambil Sentolo Nanggulan dan tiba di Gua Sriti. Perjalanan dari Wates Road ke rute ini memakan waktu sekitar 48 menit, karena jaraknya 27,9 km.

Layanan Goa Sriti Kulon Progo

Fasilitas yang disediakan pada tur ini adalah:

  1. Peralatan tabung gua
  2. penjaga pantai
  3. Area parkir
  4. kamar mandi

Meskipun objek wisata ini cukup legendaris, sayangnya masih ada beberapa orang yang datang ke wisata Kulonprogo ini. Dikatakan bahwa jumlah pengunjung rendah, bahkan selama liburan. Anda hanya dapat melihat 10 atau 20 orang selama liburan panjang.

Orang-orang ini kebanyakan pecinta alam dan sejarah. Namun, untuk mendapatkan lebih banyak informasi terkait gua, disarankan untuk menyewa pemandu lokal. Tujuannya adalah mempelajari sejarah, terutama tentang kehidupan sehari-hari Pangeran Diponegoro sambil bersembunyi di sebuah gua.

Jam buka Goa Sriti Kulon Progo

Untuk mengunjungi tempat wisata Goa Sriti, Anda bisa datang dari pagi hingga sore. Tur ini tidak memiliki jam buka, jadi Anda dapat mengatakan bahwa tempat ini buka 24 jam sehari. Selain tabung gua dan sejarah pembelajaran, Anda dapat menjelajahi gua.

Anda bisa melihat keindahan stalagmit dan stalaktit. Suasana yang lembab dan gelap membuat kegiatan ini sedikit canggung, jadi setiap orang yang datang harus memakai senter dan memakai sepatu yang baik selama eksplorasi.

Penasaran dengan eksotisme gua Sriti Kulon Progo? Datang segera ke objek wisata yang terletak di Distrik Samigaluh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *